Sabtu, November 29, 2008

Fanfiction

Selain bisa membuat terkenal dan banyak teman, fanfiction juga bisa menaikkan nilai Bahasa Indonesia dalam hal mengarang dan EYD, loh. Karena mengarang adalah pekerjaan auhor Fanfiction.net dan EYD adalah bahasa indah yang dipakai di fanfic selain genre Humor.

Contohnya, waktu ulangan Bahasa Indonesia Bu Entin Rabu lalu yang ukhgilasusahnyabo. Dari ulangan essai bersoal 6 itu, soal nomer 4-lah yang paling gue suka. Kenapa? Karena soalnya adalah:

4. Buatlah sebuah cerita dengan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan!

Uhuy! Buat cerita, bo! Tapi.. sudut pandang orang pertama pelaku sampingan? Apaan tuh!? Akhirnya gue asumsi ini adalah sudut pandang orang pertama yang artinya menggunakan kata 'Aku'. Gara-gara tersentuh dengan fanfic berjudul 'BUNDA', gue adaptasi ceritanya dari situ, cuma sepenggalan doang sih. Belom izin pula gue! Gue PM author-nya dulu deh, minta izin sekarang..

Dan inilah cerita gue untuk nomor 4:

Aku memandang anak itu selama beberapa saat. Kulitnya hitam, rambutnya kecoklatan terbakar matahari, bajunya kotor. Sadar diperhatikan, anak itu menoleh.

"Ada yang salah, kak?" tanya anak itu.

"Ah, tidak ada yang salah," jawabku. Anak itu mengangguk dan kembali memandang lurus pada jalanan.

"Oh ya, siapa namamu?" tanyaku.

"Naru. Lanang Naru," jawab anak itu, Naru.

Setelah mengobrol dengannya selama beberapa menit, akhirnya aku dan Naru sampai di depan mobilku yang kuparkir di tempat parkir. Sebelum aku membuka bagasi, aku bertanya pada Naru tentang keluarganya.

"Ayah dan ibu Naru kerja apa?" tanyaku.

"Ibu kerja jadi pencuci baju di rumah-rumah orang kaya. Ayah kerja jadi supir angkot."

"Kau punya saudara?" tanyaku sambil membuka bagasi mobilku.

"Punya. Kakak. Dia kerja jadi kuli bangunan," jawab Naru sambil meletakkan belanjaanku di bagasi. Aku menutup bagasi mobilku.

-x-

Walau ngga sama kaya' yang gue tulis di kertas ulangan, tapi garis besarnya begitulah! Nama Lanang Naru aku ambil dari Naruto dan tokoh di cerita lepas buatan gHee-senpai, The Dreamer. Disitu ada tokoh yang namanya Lanang Bintang, yang gHee-senpai ambil dari nama temannya. Akhirnya lagi mikir nama yang 'Indonesia tapi modern', dalam 6 detik gue nemunya Lanang Naru. Yasud deh Lanang Naru..

Ada juga tugas (apa ulangan ya?) waktu kelas 7 yang disuruh mengarang cerita dengan POV orang pertama juga, kalo bisa satu halaman. Oh, gue, Puddi, Dien ama Ondy langsung semangat! Author power ON!! Dien ampe selembar kertas itu, gue satu halaman setengah. Panjangnya~

Mungkin anak-anak yang lain pada berpikir, "Gila! Gimana mereka bisa nulis cerita sebanyak itu? Gue aja ide susah dapet!". Hoho.. jangan meremehkan author Fanfiction ya! Kami penuh ide! Makanya, gabung di Fanfiction.net dan post fic dong! Selain bisa terkenal, punya banyak temen dan fic-nya di-review orang, kita juga bisa ngambil keahlian mengarang dari situ. Fanfiction.net is the best site ever!!

Mulai sekarang, akan ada 'Lyric of the Day'. Lyric of the Day kali ini adalah:

Promise me that you'll leave the light on
To help me see
With daylight, my guide, gone
'Cause I believe there's a way you can love me
Because I say
I'm not gonna write you a love song
'Cause you asked for it
'Cause you need one,
You see

I'm not gonna write you
A love song
'Cause you tell me it's
Make or breaking this
Is that why you wanted a love song?
'Cause you asked for it?
'Cause you need one?
You see

I'm not gonna write you a love song
'Cause you tell me it's
Make or break in this
Or you're on your way
I'm not gonna write you
To stay

If your heart is nowhere in it
I don't want it for a minute
Babe, I'll walk the seven seas when I believe that
There's a reason to write you
A love song
Today

[Sara Bareilles - Love Song]

Masih kena Eddieclyptus.

Ja ne, dattebayo!

1 traces:

dilia shiraishi mengatakan...

iya, iya betul. nilai bahasa indo-ku jg jadi lebih meningkat sejak jd author FFN ^^