Sabtu, November 15, 2008

Flamer!

'Et dah.. kok dari 2 bulan yang lalu, FFN banyak banget newbie-nya ya? Terutama di fandom Naruto Indonesia. Apa Naruto Indonesia sebegitu menariknya kah?

Selain newbie author, ada juga 'newbie flamer'. Mereka adalah piggy-ass, yang bermasalah dengan Sabaku no gHee-senpai dan OMGGMO, yang lebih banyak bermasalah dengan Uchiha Yuki-chan-senpai. Sebenernya, OMGGMO itu semacam kopiket The Fire Flamer-sama, flamer kebanggan fandom Naruto Indonesia yang sekarang udah pergi ngga tau kemana. Kenapa gue bilang kebanggaan? Karena TFF-sama adalah FLAMER SEJATI! Dia benar-benar flamer, bukan cuma flamer alay yang cuma bisa menghina-bina. TFF-sama mengeflame FIC-nya. Sementara OMGGMO dan piggy-ass mengeflame AUTHOR-nya.

Disini, gue ngga akan ngebahasa piggy-ass (yang udah ganti nama jadi Maharaja Piggy kalo ngga salah) karena masalah dia dengan gHee-senpai dan semua orang di Naruto Indo udah selese. Selanjutnya, gue akan ngebahas tentang TFF-sama dan OMGGMO.

The Fire Flamer

The Fire Flamer (atau yang biasa disingkat menjadi TFF) adalah seseorang yang diduga bergender wanita. Dia muncul di fandom Naruto Indo pada pertengahan tahun 2008, sekitar bulan Juni. Kemunculannya sangatlah kontroversial. Awalnya, para author Naruto Indo benar-benar marah dengan TFF. Flame-nya benar-benar pedas tapi tak ada satupun yang bersifat membangun (tapi untungnya, dia pernah nge-review 2 fic gue yang judulnya 'SMS Gosip TRUE STORY' dan 'Stranded' dan dia sama sekali ngga keliatan nge-flame. Di SMS, dia cuma bilang bahwa author's note ngebuat fic gue jadi jayus. Dan di Stranded chapter pertama, dia hanya bilang, "Mana karakter Naruto-nya? Mudah-mudahan chapter selanjutnya tidak mengecewakan."). Ada sebuah fic yang memasukkan dirinya sebagai OC (Original Character) dan menjelek-jelekkannya disana. Kontan semua author memuji fic itu.

Di awal kemunculannya, ada beberapa author yang me-remix lagu untuk mengejeknya dan di publish di Naruto Indo, tapi itu malah membuat TFF makin senang.

Sekarang, TFF udah pergi ngga tau kemana. Mungkin dia udah capek nge-flame? I don't know.

OMGGMO

Alay-er sejati, begitulah salah seorang author menjulukinya di Infantrum. OMGGMO adalah flamer edisi terbaru di Naruto Indo. But, instead of flaming the fic, he/she flame the author! Author FFN Naruto Indo bener-bener kesal. Mereka ngga pernah semarah ini setelah kemunculan TFF (yang flame-nya merata) dan piggy-ass (yang menantang para author).

Nih, gue kopas semua flame dari OMGGMO yang gue tau.

Dari: Bunga Krisan by Dani D'mile

"saya heran dengan Anda. membuat fiksi humor, tapi jayus. membuat fiksi yang bukan humor, juga tak cocok. saya meragukan bakat author yang ada pada diri Anda

pertimbangkan dulu sebelum Anda post fic Anda, udah layak atau belum untuk di baca orang lain

MEMALUKAN!"

Dari: my danna by Uchiha Yuki-chan

"Huh...cukup panjang. Tapi sayang, banyak kesalahan dalam EYD. Selain itu, fic ini juga terlalu OOC para tokohnya. Dan mengikutsertakan tokoh animelain adalah hal yang sangat disayangkan. Sebagai senior, Anda harusnya tahu hal itu, Uchiha Yuki-chan."

Dari: Ujian Ala Harvard University by Uchiha Yuki-chan

"
huh...kamu terlalu membodoh2kan akatsuki

bisakah kamu membuat fiksi sekali saja, tanpa menjadikan akatsuki terlalu OOC??

Fic kamu buruk sekali"

Dari: Akatsuki no Video by Dani D'mile

"fic2 Anda termasuk dalam genre humor, tapi sayang sekali, sangat garing dan jayus. jika memang tidak berbakat, ya tidak usah memaksakan dirilah"

Oh-Em-Jeh! Udah namanya alay, review-nya pun alay!

Tanggapan gue:

1. Gue juga meragukan bakat author dalam diri lo. Gua bahkan ragu apa lo sebenernya PUNYA BAKAT AUTHOR? Nulis fic aja kagak pernah. Kalo berani, coba lo contoh piggy-ass. Dia berani nge-post fic di account-nya yang piggy-ass. Dia ngga pengecut.

2. Tau ga si lo? Masalah senioritas inilah yang ngebuat para author naik darah. Ngapain lo bawa-bawa senioritas segala? Kurang kerjaan amat si lo? Ngga selamanya senior itu bagus. Senior juga harus belajar. Lagi lo juga.. nge-kritik EYD Yuki-senpai, sementara lo sendiri EYD masih kaya' bayi belajar ngomong. Berantakan! Lo juga kalo nge-review kaga pake EYD!

3. Kalo ngga dijadiin OOC, ngga bakal ada fic humor, goblok! *maap, gue emosi* Masa fic humor tapi Akatsuki masih cool-cool dan cuek? Itu bakalan jadi garing! OOC itu penting, asal lo tau. Author mana yang ngga ngerti bahwa OOC itu juga penting bagi kelansungan fic mereka, kecuali kalo LO emang BUKAN AUTHOR, patut dimaklumi.

4. Boleh aja bilang begitu, tapi ngga usah terang-terangan dong! Kalo lo baca ini, lo pasti bilang, "Ngapain nih orang? Ngurusin urusan gue ama Dani.. Emang lo Dani!?" Oke, gue emang bukan Kak Dani, tapi gue menyatakan ini MEWAKILI KAK DANI. Sekali lagi gue tanya, apa lo pernah menulis fic? Gue rasa lo ada beberapa fic yang lo simpe di komputer lo dan ngga lo publish karna lo bakal takut di-flame. Kalo ngga mau dibilang pengecut, buktiin bahwa elo emang bukan pengecut! Ngebuat account lain cuma buat post itu udah masuk kategori LOSER. Asli, gue pengen liat fic elo kaya' gimana. Apa elo lebih berbakat? Atau elo emang cuma author-kacangan-yang-berharap-jadi-author-beneran-di-selokan-sana? POST FIC LO KALO BERANI! Walo gue juga sebel ama piggy-ass, tapi gue juga menghargai dia. Kalo lo berani post fic di account OMGGMO, gue bakal ngapus embel-embel 'LOSER' dibelakang elo. Oke, OMGGMO-LOSER?

Dan ini juga kopas dari profile FFN OMGGMO-LOSER:

"
Profil ini saya buat karena saya menuruti ocehan para Author tentang profil saya yang sebelumnya kosong tak tertulisi.

Sebetulnya, saya enggan membuat profil ini. Apa artinya sebuah profil jika pendapat kalian terhadap saya tidak berubah? Oh…mungkin dengan adanya profil ini, kalian menemukan sesuatu dari saya yang bisa kalian cela dan hina! Come on, just do it!!

Saya memberi flame, khususnya pada fandom Naruto. Kenapa? Being rotten, rotten, and rotten! Itulah alasan saya. Banyak sekali bermunculan Author-Author baru dengan kualitas murahan! ‘unleash your imagination’, mungkin kalimat tersebut menjadi senjata utama kalian untuk menentang saya. Tapi perhatikan dan cermati dengan seksama maksud kalimat tersebut. Imagination seperti apakah yang patut untuk dijadikan sebuah karya dan layak untuk dibaca publik?

Sebuah fiksi yang plot dan alur cerita tidak jelas, bahasa berantakan, salah dalam pemilihan dan penempatan genre, membuat lowongan OC untuk menarik perhatian, dan bahkan menjadikan OOC sebuah atau lebih chara.
Apakah fiksi seperti itu layak untuk dipublikasikan? Jangan menilai bagus atau jeleknya sebuah fiksi secara subjektif saja. Dan jangan pula post fiksi sebelum Anda pertimbangkan dengan cermat akan nilai fiksi Anda sendiri.

Mungkin Anda akan bilang, “Apa salahnya menilai baik fiksi sendiri? Itu adalah sikap bangga kami terhadap hasil karya kami.” Oke, mungkin pendapat itu memang benar. Tapi, pernahkah kalian berpikir, apa tujuan kalian membuat fiksi dan kalian post di fanfiction.net ? Untuk di baca umum, bukan? Jika menuai ketidaksenangan atau ketidakpuasan, bukankah percuma saja Anda post fiksi Anda di fanfiction.net ? Bukankah sebuah karya yang buruk , lebih baik disimpan saja daripada harus ditunjukkan ke publik? Sikap cuek, merasa telah sempurna, sombong dan masa bodoh adalah salah satu sebab rusaknya fandom Naruto oleh para Author.

Silahkan jika kalian ingin mencaci maki, memprotes, bahkan memberi flame pada saya. Saya akan dengan senang hati menanggapinya.

Dan satu lagi, jangan bandingkan saya dengan flamers lain! Apalagi mengatakan secara sepihak bahwa saya adalah plagiat seorang flamer. Apa yang membuat kalian berpikir demikian? Saya yakin, semua flamers pasti pernah berada dalam posisi dimana saya berada sekarang, saat semua pihak mencaci maki dan menyudutkannya :) Semua flamer awalnya sama di mata kalian! BURUK! Pendapat kalian tehadap para flamers itulah salah satu wujud nyata keegoisan kalian!

“Orang berpendidikan rendah adalah orang yang salah tafsir antara bangga dan kesombongan. Bangga, tak berarti sempurna. Tidak patut ada rasa bangga pada suatu hal yang buruk! Bangga, tak berarti harus bersikap acuh dan tidak menerima kekurangan.”


Terimakasih"

Oke, pertama, makasih udah nulisin profile lo, jadi kami para author bisa 'mengenali' lo lebih jauh, OMGGMO-LOSER.

Kedua, gue mau ngomentarin lo soal 'Unleash Your Imagination'. Lo emang ORANG BERPIKIRAN SEMPIT ya? Apa lo ngga pernah berimajinasi? Apa lo TK aja ga lulus? IMAJINASI ITU SANGAT LIAR. Terserah authornya dong mau diapain itu fic? Emang lo apa? Yang punya fanfiction.net?

Ketiga, quote yang lo pasang di bawah itu, gue akui emang bener. Tapi kami para author emang menerima kekurangan. Nobody's perfect, lo pasti udah eneg kan denger itu? Tapi itu emang bener. Dan elo ngga bisa memaksa author untuk menyempurnakan fic mereka. Flame lo itu, gaya bahasanya, seakan memaksa para author untuk menyempurnakan fic mereka. Ngga ada yang sempurna di dunia ini, hello?

Keempat, lo emang ngga niru flamer lain. Ke-alay-an lo emang nomor 1! TOP! Flame itu ngga bisa ditulis sewenang-wenang. Lo harus mikirin orang yang bakal di-flame itu gimana? Walau author-author FFN emang pada tegar semua, mereka ngga bakal mempan di flame ama elo, paling cuma emosian dikit (HIDUP AUTHOR FFN!), tapi mereka pasti bakal down sebentar. Coba kalo elo yang di-flame? Lo tuh kaya' anak kecil deh, NGATAIN TAPI GA MAU DIKATAIN! Kaya' anak TK aja lo..

Kelima, apa-apaan nih? "
Sebuah fiksi yang plot dan alur cerita tidak jelas, bahasa berantakan, salah dalam pemilihan dan penempatan genre, membuat lowongan OC untuk menarik perhatian, dan bahkan menjadikan OOC sebuah atau lebih chara."

Pengetahuan lo tentang membuat fic itu cetek banget ya? Sekali lagi gue katakan, OOC itu penting! Akatsuki ngga mungkin diceritain gitu-gitu doang sifat mereka. Sasuke ngga mungkin diceritain gitu-gitu doang sifatnya. Itu bakalan ngebuat readers jadi bosan dan monoton!

Buat elo, OMGGMO-LOSER, yang pengetahuan tentang membuat fic-nya lebih cetek dari kolam renang anak-anak yang paling cetek sedunia, gue kasi tau ke elo:

Fanfic adalah wadah bagi orang-orang yang tidak puas dengan jalan cerita sebenar dari sebuah anime, manga, TV Show atau film. Makanya, mereka membuat fic sesuai IMAJINASI mereka sendiri, membuat fic dengan awal atau akhiran yang mereka mau. Mereka bebas menentukan! Siapa lo nyuruh-nyuruh author dan bilang bahwa bakat menulis mereka ngga ada? Kaya' lo ada aja.

Gue emang agak (agak?) emosian di sini.. Tapi gue memutuskan untuk ambil kata 'masa bodo' terhadap OMGGMO-LOSER. Dia mau ngapain kek, ngapain diurusin ya? Gue nge-post ini cuma mau ngeluarin unge-uneg gue soal dia aja. Persetan ama OMGGMO-LOSER.

Sepertinya itu aja. Dan gue juga berharap si OMGGMO-LOSER lagi browsing inet dengan keyword 'OMGGMO' dan nemu postingan ini dan dia baca. Cuma mau nyadarin OMGGMO-LOSER aja.

Masih kena Eddieclyptus.

Ja ne, dattebayo!

9 traces:

Adinda Wungo mengatakan...

anjrot capek gue bacanya darll ahaha

shaaays mengatakan...

YOU LOVE CSI?
I LOVE DANNY AND LINDSAY. I WATCHED YOUR VIDEO ON YOUTUBE (HEY, MONTANA)
I LOVE IT. IF YOU HAVE FREE TIME, MAYBE YOU CAN VISIT MY BLOG
www.emiliaweird.blogspot.com

shaaays mengatakan...

wow, you like writing too? i always hang out at 'mibba' and 'quizilla'.
by the way, i'm glad & happy that danny and lindsay gonna have baby!
you live in indonesia now?

shaaays mengatakan...

but they said danny having some difficult to believe that-baby-thing at first.
and there will be SPOILER.
by the way, do you mind if i add you on friendster?

shaaays mengatakan...

YEAH I WILL..XD
is it school holiday there?

shaaays mengatakan...

it's school holiday here, school will start in January.
haha.
lots of time to watch CSI

Sachin mengatakan...

:O Sei-nee-san ama Yuki-nee-san dibilangin begitu?!

Padahal Humor kak Sei da Kak Yuki kan bagus. apa salah nya sih?

Pakai bilang Memalukan segala. padahal Fict nya kak Yuki ama Kak Sei/Dani kan Bagus-bagus dan Humor nya tinggi. OOC juga ga pa pa.

soal nya... klo Humor ga ada OOC rasa nya ada yang kurang.

capek sekali baca nya. tapi Thank you untuk Info nya yang penting di FFn. ^^ jadi ga ketinggalan berita FFn deh.

Yoyo... see ya, next time.
m..tukeran link kak?

:) ke: http://yoshiku-chanblog.blogspot.com/

^^

shaaays mengatakan...

haha, you will be in jordan the end of December while i stuck at home watching CSI.
hmm, when is your school holiday?

shaaays mengatakan...

i see, duh.
i wont be able to go online next year cause i'll take the PMR. (URGHH)