Minggu, Februari 01, 2009

aNk 94H0o3LZzz aNd aNk aLaYyy.. aNd Ju9a 'Alayers dalam Tulisan'

Udah tau fakta bahwa gue paling benci ama orang-orang yang nulisnya k4Y4k g1Ni????? g3dhE k3Ch1L aNd g4g s3Su4i aThuR4n 3YD????? Th4wu kH4n????? *dih, jijay banget gue liat tulisan gue ini. kampungan abis!!*

Kemaren, gue abis baca postingan terbaru di blog Kak Kristi. Di sini diperkenalkan bedanya 'alay' dengan 'kampungan'. Gue rasa semua orang harus baca, agar tau bedanya 'alay' dan 'kampungan' itu apa, karena sebenernya kedua arti itu beda. Baca aja dah sendiri.

Oke, sekarang-sekarang ini, gue lagi demen-demennya nulis bahasa 94H0o3LZzz gitu bareng Darbi. Wakakak..!! Seru dah! Sekalian rada 'mengolok-olok' seseorang juga. Udah gitu, dia pernah ngetik 'bahasa g'. Gue mah kaga ngerti-ngerti 'bahasa g' aturannya kayak gimana! Gue pertama tau 'bahasa g' aja baru waktu gue kelas 6 SD!

Eniwei, bagaimana menurut lo tentang anak-anak kampungan yang nulisnya sticky caps susah di mengerti begitu? Karena gue udah biasa mendefinisikan 'alay' dan 'kampungan' itu sama, maka di postingan ini gue anggap 'alay' dan 'kampungan' itu sama.

Kalo menurut gue? Oke deh.

Orang-orang yang nulisnya K4Y4k g1N1 itu bener-bener KURANG KERJAAN. Udah bagus nulisnya 'kayak gini' aja, ngga usah capek-capek dan bingung-bingung. Lha ini? Nyapek-nyapekin aja dah! Heran deh ama orang-orang begini. Emang sih mungkin menurut kalian para 'alayer', tulisan m4c3m g1Ni itu k3ReN B3T d4h! Kayaknya ngga bisa dan belom bisa disebut anak 94H0O3LZzz kalo belom nulisnya k4y4K giTu. Tapi, tau ga? KALIAN SALAH BESAR TAU GA!? *huh! esmosi gue ama orang-orang begini!*

Gue punya temen, sebut aja dah si 'A' *kaga kreatip amat yak?* Si A nih penampilannya ngga alay-alay amat sih. Ngga! Ngga alay malah! Nah, pas gue lagi iseng-iseng buka FS geng gue, ada komen dari si A. Ternyata oh ternyata.. Tulisannya b3giN1 b0o..!!

Ya Allah, gue langsung syok. Ni anak kenapa? Luar kaga alay, ternyata alaynya di tangan. Ya ampun A.. alay banget si lu!?

Akhirnya, dengan tekad dan semangat 2008, gue berniat untuk memberantas para alayers, terlebih lagi yang dalam bentuk tulisan, ini, karena gue lebih ga suka ama orang yang menyalurkan ke-alay-an mereka dengan cara menulis atau mengetik, pokoknya dalam bentuk tulisan. Tulisan itu kan karya sastra! Masa' pake bahasa alay? Ga rela dong ah! Dan terbentuklah 'Kelompok Pemberantas Alayers dalam Tulisan'! Dan perang pun di mulai *okeh cukup dengan kelebaiannya*.

Sebelom gue berperang, gue menyusun strategi dulu dan yang paling penting, JANGAN SAMPE ORANG KAGA ALAY JUGA IKUT KENA IMBAS. Sesama non-alay harus saling melindungi! Akhirnya, gue sebagai jenderal *jeilah* membuat sebuah daftar yang berjudul:

'CIRI-CIRI ORANG ALAY DALAM PENULISAN'

Hum.. gue berpikir, namanya kok biasa banget ya? Bodo amat dah, judul doang. Kan yang penting isinya~

Nah, akhirnya gue mulai menulis isinya.

1. TuL1$4NnY4 k4Y4k g1N1.
2. STicKy CaPS.
3. Tidak sesuai EYD (kecuali kalo lagi SMS boleh dah, cuma jangan kayak nomor 1 ama dua. Singkatan aja.).
4. Disingkat-singkat (kecuali SMS boleh disingkat-singkat. Ato nulis surat ato e-mail pribadi).
5. Bahasa SMS digunakan selain untuk SMS.
6. Suka nambahin 'z' atau 's' dibelakang kata.
7. Suka nambah-nambahin kata seenak jidatnya yang jenongnya se-benua Afrika.
8. Tidak ada tanda baca.
9. Tanda baca kebanyakan.
10. Tidak ada kapitalitas (kalo untuk SMS masih ga papa).
11. Tidak ada jarak/spasi (kalo untuk SMS DARURAT ngga papa juga).
12. Jakar/spasi acak-acakan.

Dan dengan rajinnya, gue juga menambahkan contoh.

Contoh nomor 4: "ah, gag tau dah. w mah gag mo ikt cmpur msalah u."
Contoh nomor 6: "hai, kawanzz..! kenalan dongs! boleh kan? boleh dunks!"
Contoh nomor 7: "huallowh..! cPaa dcanna..? litzzha disinii. bLeh kenaLan khan? boleh dun..! cowryih bru balezth, bru buka FS neyh.."
Contoh nomor 8: "halo kawand apa kabar baikbaik aja kan"
Contoh nomor 9: "aaaaahhh apaan sih engkaw!!!!!!!!! w khan gag suka ama si ceboL ituwh...............!!!!!!!!!!!!!"
Contoh nomor 10: "bener ni ah? serius loe?"
Contoh nomor 11: "ah,gag lah!gw ga gtu kali!becanda loe ah!"
Contoh nomor 12: "hei, gag bener thu ah ! masa githu sih ?" atau "hei ,gag bener thu ah !masa githu sih ?ah ."

Wei wei.. PUSING GA TU BACANYA!? Gue bingung deh ama alayers, kok bisa ya mereka ngga bingung ngebaca tulisan mereka sendiri. Kan pusing!! Pasti mereka punya panadol banyak di rumah *halah jayus*. Dan ternyata, yang alay begitu bukan cuma cewe. COWO PUN JUGA ADA YANG ALAY! Kayak temen SD gue di Malaysia yang namanya gue samarkan sekarang soalnya ada dua? Itu dia. Cowo alay. Beuh.. ga nahan bo! Tapi teteup, mayoritas alayers dalam tulisan adalah CEWE. Malu-maluin bener dah!

Nah, gimana pendapat lo semua tentang tulisan-tulisan alay di atas tadi? Gue sih kalo tau siapa yang nulis kayak gitu, gue rajam tu orang! Apalagi kalo gue tau siapa orang yang dengan jeniusnya menemukan tulisan-tulisan kayak gitu. Kasian tau orang-orang baik dan BERPENDIDIKAN (iya, ga kayak lo-lo pada yang alay) yang udah menyempurnakan bahasa Indonesia hingga menjadi bahasa yang indah begini. Eh, ujung-ujungnya malah pada lo rombak dan jadi kampungan begini. Kalo mau nulis dengan benar, pake EYD! Di toko buku tuh banyak buku Pedoman EYD! Di Wikipedia aja ada Pedoman EYD (ni gue lagi baca).

Intinya, ENYAHLAH ALAYERS DALAM TULISAN dan MUNCULLAH PENCINTA EYD!! *Yeah, gue!!*

Masih kena Eddieclyptus dan Taylorisity.

Ja ne, dattebayou!

0 traces: