Senin, Februari 23, 2009

FB vs FS

Ya Allah judulnya udah kayak championship tinju di RCTI aja..

Tadi gue lagi iseng-iseng baca blog Omjay, guru TIK gue yang gahul --sekalian nyari bahan PR sih, abis biasanya Omjay ngepost PR di blognya--. Trus gue buka-buka arsip lama, ada facebook-facebooknya gitu. Gue baca aja.

Jadi tuh Pak Wijaya amazed banget ama facebook (dan menyatakan bahwa beliau cinta ama pesbuk). Karena berkat facebook, beliau bisa reunian ama anak-anak 7D angkatan 16 (angkatan gue) yang dulu beliau urus. Yah pokoknya gitu dah.

Sekarang gue mau bahas Facebook vs Friendster. Haha.

FACEBOOK


Facebook ditemukan pada tahun 2004 oleh seorang murid Harvard, Mark Zuckerberg, di Cambridge, Massachusetts. Awalnya, nama web sosial pencari teman ini adalah 'Thefacebook' sebelum akhirnya diganti menjadi 'Facebook'.

Kelebihan:

Entah mengapa make FB itu lebih enak aja. Kenapa, ya? Mungkin..
1. Bisa chat langsung di dalem FB-nya.
2. Tampilannya lebih modern.
3. Application-nya banyak tapi 'bermakna' semua (contoh: idescribe, nicknames, gift)
4. Ada wall-to-wall. Wall-to-wall memudahkan orang, apalagi yang suka lupa dia nulis apa. Banyak gue nemu orang nulis gini, "Eh, gue waktu itu nulis apa sih? Lupa gue." Nah, wall-to-wall memudahkan orang pelupa macem gini (termasuk gue).
5. Kalo nulis di wall ngga ada batasan berapa katanya.

Kelemahan:

1. Kalau mau masuk ke suatu network.. misalkan network sekolah, itu harus nge-add temen yang satu network dan temen yang di-add itu harus nge-konfirm kalau orang yang baru ganti network itu bener-bener sekolah di situ. That happens to me.
2. Kalo belom jadi temen, ngga bisa liat profilenya. Ada beberapa yang bisa sih. Tapi kalo misalnya ada cowo yang cuma suka nge-add cewe-cewe doang, nge-add kita (para cewe). Kita kan ngga mau dong di-add ama orang macem gitu? Kalo bisa diliat profilenya untung, bisa liat apa temen-temennya cewe-cewe semua. Lha kalo ga bisa diliat? Di confirm kok bahaya, di ignore kayaknya kasian..
3. Facebook ga bisa jalan di Opera.

Nah, sekarang lawannya.

Friendster


Friendster ditemukan oleh Jonathan Abrams di tahun 2002 di Mountain View, California. Friendster merupakan web sosial pencari teman pertama di dunia.

Kelebihan:
1. Kalo 'bisa pake email address palsu' itu masuk ke kelebihan ngga sih?

Kelemahan:
1. Nama anggotanya alay-alay. Karena ngga ditulis 'Harus memakai nama asli'.
2. Banyak spam-nya.
3. Application friendster itu.. pointless. Ga berguna.
4. Di profile, bisa ditambahin apa aja. Maka banyak yang nambahin bling-bling segala macem yang bisa bikin loading page jadi lama dan bikin mata sakit.
5. Kalo nyari anggota lain, ngga efisien.
6. Ngga bisa nyari fan page.
7. Application Invitations-nya menganggu. Beberapa orang ada yang bersedia ngerepot-repotin temen-temennya. Waktu masukin app ke profile kan ada 'Invite Your Friends To Use This Application' ato apalah itu. Ada orang-orang yang dengan bebalnya ngga unchecked itu kotak dan hasilnya.. voila! Application Invitations di temen-temennya penuh banget.
8. Application Notifications-nya SANGAT MENGGANGGU. Kenapa? Karena ngga kayak application invitations yang bisa langsung di select all dan langsung bisa di-ignore semua, application notifications ini harus di ignore SATU-SATU. Kebayang kaga tuh capeknya?

Dan kalo sekarang kalian-kalian pada buka profile FS kalian, FS berusaha ngikut FB dengan memunculkan 'friendster IM'. Ya oloh.. Sekarang, udah pada tau kan kenapa banyak orang yang vakum dan absen dari Friendster dan pindah hati ke Facebook? Liat aja kelebihan FS, nyaris ga ada!

Eh? Di sini ada FS Lover? Ya ampun, maaf kalo postingan ini nyinggung, ya! Tapi, plis dong, tolong pindah ke FB! Ramein tuh FB! FS udah sepi sekarang, pada pindah ke FB sono tuh!

Masih kena Eddieclyptus dan Taylorisity.

Ja ne, dattebayou!

0 traces: